makanan khas dayak
freepik.com

Makanan Khas Dayak: Nikmati Kelezatan dan Khasiatnya

Posted on

Makanan khas Dayak merupakan warisan kuliner yang kaya akan rempah dan cita rasa. Terinspirasi dari alam dan kebudayaan yang kaya, makanan ini telah menjadi kebanggaan bagi suku Dayak.

Beragam makanan tersebut terbuat dari bahan-bahan alami dan segar yang berasal dari hutan, sungai, dan ladang.

Makanan ini memiliki cita rasa yang khas dan unik, serta dikenal memiliki khasiat bagi kesehatan. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai makanan khas Dayak yang wajib Anda coba.

Nasi Jagung dan Daun Ubi Goreng

Makanan pertama yang wajib dicoba adalah nasi jagung dan daun ubi goreng. Nasi jagung adalah nasi yang dibuat dari bahan utama jagung yang dihaluskan.

Sementara daun ubi goreng adalah makanan yang terbuat dari daun ubi jalar yang dicampur dengan tepung beras, bawang putih, dan garam.

Kedua makanan ini biasanya disajikan bersama dengan lauk pauk khas Dayak seperti ayam panggang atau ikan bakar.

Ayam Betutu

Ayam Betutu adalah hidangan khas Bali, namun makanan ini juga populer di suku Dayak di Kalimantan Tengah. Nantinya ayam tersebut akan dibumbui dengan rempah-rempah seperti bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, dan cabai.

Kemudian ayam dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang selama beberapa jam. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan pedas serta tekstur yang lembut dan empuk. Selain itu, makanan ini juga kaya akan protein dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Artikel Menarik:  Kerajaan Kahuripan: Sejarah dan Perkembangannya di Indonesia

Pepes Ikan

Pepes ikan adalah makanan khas Dayak yang terbuat dari ikan yang dibungkus dengan daun pisang dan dibumbui dengan rempah-rempah seperti bawang putih, cabai, dan daun kemangi.

Kemudian ikan dipanggang hingga matang. Makanan ini memiliki rasa yang pedas dan gurih serta kaya akan omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak.

Sate Lilit

Sate lilit adalah makanan khas Bali, namun juga populer di Kalimantan Tengah. Makanan ini terbuat dari daging cincang yang dibumbui dengan rempah-rempah seperti bawang putih, kunyit, kemiri, dan serai.

Kemudian daging tersebut dijepitkan pada tusuk sate yang terbuat dari batang serai. Makanan ini memiliki rasa yang pedas dan gurih serta kaya akan protein dan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Manuk Pansuh

Manuk Pansuh adalah makanan khas Dayak yang terbuat dari ayam atau bebek yang dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dipanggang di atas api.

Ayam atau bebek tersebut dibumbui dengan rempah-rempah seperti bawang putih, kunyit, jahe, dan serai. Makanan ini memiliki aroma yang harum dan cita rasa yang khas serta kaya akan protein dan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Balak Lado Mudo

Balak Lado Mudo adalah makanan khas Dayak yang terbuat dari ular sawa yang dibumbui dengan rempah-rempah dan cabai hijau muda.

Makanan ini memiliki cita rasa yang pedas dan gurih serta kaya akan protein dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Meskipun makanan ini cukup unik, namun sangat direkomendasikan bagi pecinta makanan pedas.

Sambal Tempoyak

Sambal Tempoyak adalah sambal khas Dayak yang terbuat dari bahan utama durian yang telah difermentasi.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Sulawesi Tenggara yang lezat dan Mengenyangkan

Biasanya disajikan bersama dengan nasi atau makanan khas Dayak lainnya. Sambal Tempoyak memiliki rasa yang unik dan khas serta kaya akan serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Lempeng Pisang

Lempeng Pisang adalah makanan khas Dayak yang terbuat dari pisang yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung ketan dan gula kelapa.

Kemudian adonan tersebut dipanggang hingga matang. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan lezat serta kaya akan serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Bubur Pedas

Bubur Pedas adalah makanan khas Dayak yang terbuat dari bahan-bahan seperti jagung, kacang merah, dan cabai yang dihaluskan.

Bahan tersebut dimasak dengan air hingga menjadi bubur dan disajikan bersama dengan ikan atau daging. Makanan ini memiliki rasa yang pedas dan gurih serta kaya akan serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Pecel Ikan Patin

Pecel Ikan Patin adalah makanan khas Dayak yang terbuat dari ikan patin yang diolah dengan bumbu kacang yang pedas dan gurih.

Kemudian ikan tersebut disajikan bersama dengan nasi dan sayuran segar. Makanan ini memiliki rasa yang khas dan unik serta kaya akan protein dan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Nasi Lemak Dayak

Nasi Lemak Dayak adalah makanan khas Dayak yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah-rempah seperti bawang putih, ketumbar, dan daun pandan.

Biasanya disajikan bersama dengan lauk pauk khas Dayak seperti ayam panggang atau ikan bakar. Makanan ini memiliki rasa yang kaya dan lezat serta kaya akan serat.

Kesimpulan

Makanan khas Dayak merupakan warisan kuliner yang kaya akan cita rasa dan nutrisi. Beragam makanan di atas dapat ditemukan di daerah Kalimantan dan menjadi daya tarik kuliner yang menarik bagi wisatawan.

Artikel Menarik:  Kerajaan Bali: Sejarah, Budaya, dan Keindahan Alam

Selain itu, makanannya juga memiliki cara pengolahan yang unik dan menarik, seperti memasak dengan daun pisang, menggunakan bahan-bahan tradisional, dan rempah-rempah khas Dayak.