makanan khas majalengka
freepik.com

Makanan Khas Majalengka: Kelezatan yang Menggugah Selera

Posted on

Majalengka salah satu kota kecil yang terletak di Jawa Barat, Indonesia. Bahkan Majalengka dikenal juga sebagai salah satu tempat yang memiliki banyak makanan khas.

Kombinasi bahan-bahan tradisional dengan teknik masak yang unik menjadikan makanan khas ini sangat menggugah selera. Bagi pecinta kuliner, kota ini wajib dikunjungi untuk mencicipi kelezatan makanan khasnya.

Nasi Jamblang

Salah satu makanan khas Majalengka yang paling terkenal adalah Nasi Jamblang. Biasanya, nasi ini disajikan dengan berbagai jenis lauk pauk seperti ayam goreng, sate, ikan tongkol, tempe, tahu dan sambal.

Namun, yang membuat nasi ini khas yaitu menggunakan daun jati untuk membungkusnya. Daun tersebut memberikan aroma yang khas pada nasi, sehingga sangat menggugah selera.

Peuyeum

Makanan khas Majalengka ini terbuat dari singkong yang telah difermentasi. Peuyeum ini sering dijadikan cemilan oleh masyarakat Majalengka, sebab memiliki rasa yang unik dan tekstur yang kenyal.

Empal Gentong

Empal Gentong adalah makanan khas Majalengka yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dimasak dengan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan bawang putih.

Makanan ini disajikan dengan kuah yang kaya rempah dan sayuran seperti kacang panjang dan labu siam. Empal Gentong sangat cocok dinikmati pada hari-hari yang dingin atau ketika Anda ingin makan sesuatu yang menghangatkan.

Karedok

Karedok terbuat dari mentimun, tauge, kacang panjang, dan kol yang dicampur dengan bumbu kacang yang kaya rempah. Biasanya disajikan dengan tahu dan tempe goreng serta kerupuk sebagai pelengkap.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Karawang: Nikmati Sensasi Kuliner Jawa Barat

Mie Kocok

Makanan khas Majalengka ini terdiri dari mie kuning yang direbus dan diberi kuah yang kental. Kuahnya terbuat dari kaldu sapi yang dimasak dengan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan kayu manis.

Dalam kuahnya terdapat irisan daging sapi dan kikil sapi yang empuk serta bawang goreng dan seledri sebagai pelengkapnya.

Sop Sumsum

Sop Sumsum salah satu makanan yang berasal dari tulang sumsum sapi yang dimasak dengan rempah-rempah.

Biasanya disajikan dengan nasi putih dan kerupuk sebagai pelengkapnya. Makanan ini sangat cocok dinikmati pada hari-hari yang dingin karena rasanya yang hangat dan kaya rasa.

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot merupakan makanan khas yang berasal dari Cirebon dan cukup populer di Majalengka. Makanan ini  terbuat dari tahu goreng yang dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan bumbu pedas yang kaya rasa seperti petis, gula merah, cabai, dan air asam.

Biasanya tahu ini disajikan sebagai cemilan atau sebagai menu pelengkap pada saat makan siang atau makan malam.

Nasi Lengko

Nasi Lengko terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai jenis sayuran dan bumbu khas seperti kacang tanah goreng, irisan mentimun, tauge, dan rempah-rempah lainnya.

Makanan ini biasanya disajikan dengan sambal kacang pedas dan kerupuk sebagai pelengkapnya. Jadi sangat cocok untuk dinikmati pada siang hari yang panas karena rasanya yang segar dan menyegarkan.

Gabus Pucung

Makanan khas ini terbuat dari gabus yang dipotong-potong dan dicampur dengan bumbu rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, dan daun jeruk. Kemudian, gabus dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang diatas arang hingga matang.

Biasanya makanan ini disajikan dengan nasi putih dan sambal sebagai pelengkapnya. Gabus Pucung memiliki rasa yang khas dan gurih sehingga menjadi makanan yang disukai oleh banyak orang di Majalengka.

Cireng

Cireng atau aci goreng adalah makanan khas yang terbuat dari tepung kanji yang digoreng hingga garing dan disajikan dengan bumbu kacang yang kaya rempah.

Biasanya disajikan sebagai cemilan atau makanan ringan pada saat santai. Selain itu, cireng juga bisa dijadikan menu pelengkap pada saat makan siang atau makan malam.

Cilok

Makanan khas Majalengka selanjutnya cilok yang terbuat dari adonan tepung tapioka dan dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah serta ketumbar.

Adonan tersebut kemudian dibentuk bulat kecil dan direbus dalam air mendidih hingga matang. Biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang pedas dan gurih sebagai pelengkapnya, jadi cocok dijadikan sebagai cemilan atau makanan ringan pada saat santai.

Kue Cubit

Kue Cubit salah satu makanan khas Majalengka yang terbuat dari adonan tepung dan dicampur dengan susu, gula, telur, sereta baking powder.

Adonan tersebut dituangkan ke dalam cetakan khusus yang berbentuk bulat dan digoreng hingga matang. Biasanya disajikan dengan berbagai topping seperti keju, coklat, atau selai sebagai pelengkapnya.

Kupat Tahu

Makanan khas ini terdiri dari potongan tahu, ketupat, lontong atau nasi, dan taoge yang disiram dengan kuah kacang yang kaya rasa dan aroma.

Biasanya disajikan dengan irisan ketimun, bawang goreng, dan sambal sebagai pelengkapnya. Makanan ini sangat cocok dijadikan menu sarapan atau makan siang.

Soto

Soto adalah makanan khas yang terdiri dari kaldu ayam atau sapi yang diberi rempah-rempah seperti serai, daun salam, dan lengkuas.

Dalam penyajiannya, soto biasanya disajikan dengan potongan daging ayam atau sapi, telur rebus, mie, dan irisan daun bawang serta seledri sebagai pelengkapnya. Makanan ini sangat cocok dijadikan menu sarapan atau makan siang.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Bima yang Menggugah Selera

Kesimpulan

Majalengka memiliki banyak makanan khas yang lezat dan unik. Setiap makanan memiliki cita rasa yang berbeda-beda dan dapat dinikmati sebagai menu sarapan, makan siang, makan malam, bahkan sebagai cemilan saat santai.

Untuk mengenal lebih dekat dengan kelezatan makanan khas Majalengka, Anda bisa mencoba mencicipi setiap jenis makanan tersebut.

Jangan lupa untuk mencari tempat makan yang terkenal dan direkomendasikan oleh masyarakat setempat agar dapat menikmati makanan khas Majalengka yang autentik dan terbaik.