makanan khas magetan
unsplash.com

Makanan Khas Magetan: Menikmati Kelezatan Kuliner Jawa Timur

Posted on

Magetan adalah kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Selain terkenal dengan wisata alamnya yang menakjubkan, Magetan juga terkenal dengan makanan khasnya yang lezat dan menggugah selera. Makanan khas Magetan sangat terkenal di Jawa Timur dan bahkan di seluruh Indonesia.

Ada beberapa makanan khas Magetan yang patut Anda coba saat berkunjung ke kota ini. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Sate Kambing

Sate Kambing salah satu makanan khas Magetan yang paling terkenal, sebab dibuat dari daging kambing yang diiris tipis dan dipanggang di atas bara api.

Biasanya disajikan dengan nasi, lalapan, dan sambal kecap yang pedas. Sate ini memiliki cita rasa yang khas dan unik, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu santap siang atau malam.

Nasi Grombyang

Makanan khas Magetan ini sangat terkenal di Jawa Timur. Nasi ini terbuat dari beras yang diolah dengan campuran rempah-rempah khas Magetan.

Kemudian, nasi ini disajikan dengan berbagai macam lauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, dan sambal goreng krecek. Rasanya yang lezat dan nikmat menjadi salah satu makanan favorit di kota ini.

Sate Maranggi

Sate Maranggi terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil, kemudian dicampur dengan bumbu khas Magetan.

Biasanya disajikan dengan nasi dan sambal kecap yang pedas. Rasa daging yang empuk dan bumbu rempah yang lezat menjadikan Sate ini sebagai makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Magetan.

Bakso Sapi

Bakso Sapi merupakan makanan khas Magetan yang terkenal di seluruh Jawa Timur. Dimana terbuat dari daging sapi yang dicampur dengan tepung tapioka dan bumbu-bumbu rempah khas Magetan.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Ambon: Nikmati Kelezatan Kuliner Nusantara

Bakso ini disajikan dengan kuah kaldu sapi yang gurih dan mie atau bihun. Rasanya yang lezat dan kenyal membuat Bakso ini menjadi salah satu makanan yang paling disukai oleh wisatawan.

Tahu Campur

Tahu Campur salah satu hidangan khas Magetan yang terbuat dari tahu yang digoreng, kemudian dicampur dengan mie atau bihun, sayuran, dan bumbu.

Biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan pedas. Rasa yang gurih, pedas, dan segar cocok dijadikan sebagai menu makanan di siang hari.

Soto Lamongan

Makanan khas Jawa Timur satu ini juga menjadi salah satu menu makanan khas Magetan. Soto ini terbuat dari daging ayam yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Magetan.

Biasanya disajikan dengan nasi, tauge, koya, dan irisan daun bawang. Rasanya yang gurih dan nikmat menjadikan Soto Lamongan sebagai menu makanan yang cocok untuk disantap di pagi atau siang hari.

Sate Kelopo

Sate Kelopo adalah makanan khas Magetan yang terbuat dari kelapa muda yang diparut dan dicampur dengan daging ayam atau sapi, kemudian dibakar di atas bara api.

Biasanya disajikan dengan nasi, lalapan, dan sambal kecap yang pedas. Rasa kelapa yang lezat dan gurih menjadi salah satu menu makanan yang wajib dicicipi.

Lontong Balap

Lontong Balap salah satu makanan khas Surabaya yang juga populer di Magetan. Makanan ini terbuat dari lontong yang diiris tipis, kemudian dicampur dengan tauge, tempe, dan lentho.

Biasanya disajikan dengan kuah kaldu sapi yang gurih dan bawang goreng. Rasanya yang lezat dan kenyal menjadikan Lontong Balap sebagai salah satu makanan yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Magetan.

Artikel Menarik:  Kerajaan Pertama di Indonesia

Kesimpulan

Magetan memiliki banyak sekali makanan khas yang lezat dan menggugah selera. Semua makanan di atas tentu memiliki rasa yang unik dan khas.

Selain itu, terkenal juga dengan bumbu rempah-rempah yang kaya, seperti kluwak, serai, dan petis. Makanan-makanan tersebut dapat ditemukan di warung-warung makan di sepanjang jalan di Magetan.

Jangan lupa saat berkunjung ke Magetan, cobalah semua makanan yang telah disebutkan di atas. Selamat menikmati!