makanan khas pasuruan
freepik.com

Makanan Khas Pasuruan yang Menggugah Selera

Posted on

Indonesia memiliki banyak sekali ragam makanan yang bervariasi dari daerah ke daerah. Pasuruan, salah satu kota di Jawa Timur, memiliki kekayaan kuliner yang tak kalah lezatnya. Banyak Makanan khas Pasuruan yang terkenal dan telah melegenda sampai sekarang.

Namun, ada juga banyak makanan lain yang tak kalah menggugah selera. Berikut adalah beberapa makanan khas Pasuruan yang wajib kamu coba.

Soto Ayam Ambengan

Soto ayam Ambengan adalah hidangan yang terkenal di Pasuruan. Hidangan ini terbuat dari ayam yang diolah dengan bumbu-bumbu khas, seperti kunyit, jahe, dan kacang.

Biasanya disajikan dengan kerupuk, perkedel, dan irisan tomat. Rasa kuahnya yang gurih dan segar membuat soto ayam ini menjadi hidangan yang sempurna untuk disantap di siang atau malam hari.

Tahu Telur

Tahu telur salah satu makanan khas Pasuruan yang terbuat dari tahu yang digoreng dengan telur dan kemudian dihidangkan dengan saus kacang yang gurih.

Makanan ini sangat populer di Pasuruan dan mudah ditemukan di banyak tempat, seperti di pasar tradisional atau di warung makan.

Rasanya yang gurih dan renyah membuat tahu telur menjadi salah satu hidangan yang paling disukai di Pasuruan.

Lontong Kikil

Lontong kikil adalah makanan khas yang terbuat dari lontong, kikil sapi, dan sayuran seperti daun singkong dan tauge.

Biasanya disajikan dengan kuah kikil yang gurih dan pedas. Lontong kikil biasanya dijual di warung-warung makanan di Pasuruan dan sangat cocok disantap sebagai menu sarapan atau brunch.

Artikel Menarik:  Lezatnya 10 Oleh-Oleh Khas Cianjur yang Menggugah Selera

Nasi Goreng Pete

Nasi goreng pete khas Pasuruan terbuat dari nasi yang diolah dengan pete dan telur. Hidangan ini disajikan dengan kerupuk dan irisan tomat.

Rasa pete yang khas memberikan sentuhan berbeda pada nasi goreng, sehingga membuat hidangan ini menjadi lebih lezat.

Tahu Pletok

Hidangan ini terbuat dari tahu yang digoreng dengan bumbu-bumbu khas seperti lengkuas, jahe, dan kacang.

Biasanya disajikan dengan kerupuk dan saus petis yang gurih. Tahu pletok menjadi salah satu hidangan yang paling disukai di Pasuruan dan sangat cocok disantap sebagai menu makan siang atau malam.

Sate Kerang

Makanan ini terbuat dari kerang yang ditusuk dan dipanggang atau dibakar menggunakan arang. Biasanya sate ini disajikan dengan saus kacang yang gurih dan pedas.

Hidangan ini bisa ditemukan di warung-warung makanan di Pasuruan dan sangat cocok disantap sebagai menu makan malam.

Pecel Lele

Pecel lele adalah hidangan yang terbuat dari ikan lele yang dilumuri dengan bumbu-bumbu khas seperti kacang tanah, gula merah, dan cabai.

Hidangan ini disajikan dengan nasi, sayuran seperti kangkung dan tauge, serta kerupuk. Pecel lele biasanya dijual di warung-warung makanan di Pasuruan dan sangat cocok disantap sebagai menu makan malam.

Pindang Serani

Pindang serani salah satu makanan khas Pasuruan yang terbuat dari ikan yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah seperti lengkuas, kunyit, dan cabai.

Makanan sangat khas dengan rasa asam yang menyegarkan dan sedikit pedas. Biasanya disajikan dengan nasi putih dan sayuran seperti kacang panjang dan terong. Jadi sangat cocok disantap sebagai menu makan siang atau malam.

Kesimpulan

Itulah beberapa makanan khas Pasuruan yang dapat Anda coba saat berkunjung ke kota ini. Semua makanan diatas memiliki rasa yang lezat dan menggugah selera.

Artikel Menarik:  Mengulik Keunikan dan 4 Rumah Adat Batak Sumatera Utara¬†

Jangan lupa untuk mencoba beberapa hidangan yang disajikan di warung-warung makanan di pinggir jalan, karena seringkali hidangan tersebut memiliki rasa yang lebih autentik dan unik. Selamat mencoba!