makanan khas pekalongan
pexels.com

Makanan Khas Pekalongan: Kuliner yang Tak Boleh Dilewatkan

Posted on

Jika Anda sedang berkunjung ke Pekalongan, jangan lupa untuk mencoba berbagai makanan khas nya yang sangat lezat.

Kota ini terkenal dengan kuliner yang beragam dan menggugah selera. Berikut adalah beberapa makanan khas Pekalongan yang wajib dicoba.

Sate Blengong

Sate Blengong merupakan kuliner khas Pekalongan yang sangat terkenal sejak dulu.

Kuliner ini terbuat dari daging sapi atau kambing yang dibumbui dengan rempah khas dan disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan sedikit pedas.

Biasanya disajikan dengan lontong, ketupat, atau nasi putih.

Nasi Megono

Nasi Megono adalah makanan khas Pekalongan yang penuh aroma. Makanan ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan sayuran seperti labu, daun singkong, dan kelapa parut.

Biasanya disajikan dengan ikan asin atau teri goreng yang menjadi pelengkap yang sempurna.

Keunikannya bisa dilihat dari campuran rempah-rempah yang sangat kaya dan aroma yang khas. Makanan ini sering dihidangkan dalam acara-acara adat atau dijual di warung-warung makanan tradisional.

Soto Pekalongan

Soto Pekalongan merupakan soto yang sangat berbeda dari soto yang biasanya kita temui.

Hal ini karena soto pekalongan terbuat dari daging ayam atau sapi yang disajikan dengan kuah bening yang kaya akan rempah dan taburan bawang goreng yang gurih.

Soto ini terlihat unik karena adanya ketupat yang diiris-iris dan disajikan di atas soto. Ketupat ini memberikan rasa yang khas dan membuat soto menjadi semakin lezat.

Tahu Gimbal

Tahu Gimbal salah satu makanan ringan yang terbuat dari tahu goreng yang dipotong-potong dan dicampur dengan sayuran seperti tauge, kol, dan mentimun.

Artikel Menarik:  Rumah Adat Baileo yang Terkenal Dengan Keunikannya Sendiri

Kemudian, di lumuri dengan bumbu kacang yang khas dan saus petis yang memberikan rasa pedas dan gurih.

Makanan ini biasanya dijual di gerobak keliling dengan harga yang sangat murah meriah. Rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau membuat Tahu Gimbal menjadi makanan favorit di kalangan masyarakat Pekalongan.

Bakmi Jowo

Bakmi Jowo adalah makanan khas Pekalongan yang berasal dari Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari mie kuning yang dicampur dengan irisan daging ayam atau sapi dan sayuran seperti kol, wortel, dan daun bawang.

Biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang kaya akan rempah-rempah. Rasanya yang lezat dan aroma yang menggoda membuat makanan ini menjadi favorit di kalangan masyarakat Pekalongan dan sekitarnya.

Nasi Pindang

Nasi Pindang salah satu kuliner yang berasal dari daerah pesisir Pekalongan. Makanan ini terbuat dari nasi yang dimasak dengan air pindang yang kaya akan rempah-rempah dan bumbu-bumbu alami.

Biasanya disajikan dengan ikan atau udang yang diolah dengan cara digoreng atau dibakar. Rasanya yang khas dan aroma yang menggoda membuat kuliner ini menjadi favorit di kalangan masyarakat Pekalongan.

Lontong Balap

Lontong Balap adalah kuliner khas Surabaya yang juga banyak dijumpai di Pekalongan.

Makanan ini terbuat dari lontong yang dicampur dengan tahu, tauge, dan daging sapi atau ayam yang disajikan dengan kuah kaldu yang kaya akan rempah-rempah.

Biasanya disajikan dengan sambal petis yang memberikan rasa pedas dan gurih yang nikmat. Kuliner ini bisa Anda temukan di beberapa warung makan di Pekalongan.

Kesimpulan

Pekalongan adalah kota yang kaya akan budaya dan kuliner. Makanan khas Pekalongan memiliki keunikan dan cita rasa yang khas, sehingga membuatnya tidak bisa dilewatkan untuk dicicipi oleh wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan.

Artikel Menarik:  Kenali Tari Jaran Kepang yang Dianggap Sebagai Tarian Mistis

Dalam artikel ini, telah diulas beberapa makanan khas Pekalongan yang terkenal dan sangat disukai oleh masyarakat lokal dan wisatawan.

Jika Anda sedang berkunjung ke Pekalongan, jangan lupa mencicipi berbagai kuliner khasnya yang lezat dan unik. Selamat mencoba!