oleh oleh khas bekasi

Yuk Nikmati 10 Oleh-Oleh Khas Bekasi yang Harus Anda Coba!

Posted on

Tengahviral.comOleh-Oleh Khas Bekasi – Apakah Anda sedang berada di Bekasi atau berencana mengunjungi kota ini? Jangan lupakan untuk mencicipi oleh oleh khas Bekasi yang lezat dan menggugah selera.

Bekasi, sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, memiliki banyak kuliner tradisional yang patut dicoba dan dijadikan oleh oleh khas bagi wisatawan yang datang.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas beberapa oleh oleh khas Bekasi yang wajib Anda coba saat berkunjung ke kota ini. Siapkan lidah Anda untuk petualangan kuliner yang menggoda!

Ragam Jenis Oleh-Oleh Khas Bekasi

Ada beberapa makanan yang dapat di coba, bahkan bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga maupun teman. Oleh-oleh tersebut, diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Kue Gabus Ijo

Salah satu oleh oleh khas Bekasi yang terkenal adalah kue gabus ijo. Kue ini terbuat dari tepung ketan dan gula merah yang dibungkus dengan daun pandan.

Ketan yang kenyal dipadu dengan aroma pandan yang harum dan rasa manis gula merah membuat kue ini memiliki cita rasa yang unik dan menggoda selera.

Rasakan sensasi gurih dan manis yang meleleh di mulut saat Anda menggigit kue gabus ijo yang lezat ini.

2. Peuyeum

Jika Anda pecinta makanan ringan, jangan lewatkan untuk mencoba peuyeum saat berada di Bekasi. Peuyeum merupakan makanan tradisional dari ketan yang telah mengalami proses fermentasi.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Singapura: Kelezatan Kuliner Pulau Merlion

Ketan yang digunakan akan mengembang dan memiliki tekstur kenyal yang unik. Rasa manis dan sedikit asam dari fermentasi memberikan sensasi yang khas dan membuat peuyeum menjadi camilan yang sangat digemari oleh masyarakat Bekasi.

3. Ketan Susu

Oleh oleh khas Bekasi lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah ketan susu. Ketan Susu terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan dan gula, kemudian diberi topping susu kental manis.

Rasa manis dari ketan yang lezat dipadukan dengan kelembutan susu kental manis menciptakan harmoni cita rasa yang sempurna.

Ketan Susu dapat ditemukan dengan mudah di toko oleh oleh atau pasar tradisional di Bekasi.

4. Pisang Molen

Untuk pecinta pisang, pisang molen adalah oleh oleh khas Bekasi yang sayang untuk dilewatkan. Pisang molen terbuat dari pisang yang dibungkus dengan adonan kulit kue yang renyah.

Ketika digigit, pisang yang manis dan lembut akan meleleh di mulut, sementara kulit kue yang renyah memberikan tekstur yang kontras.

Pisang molen biasanya memiliki berbagai varian rasa seperti cokelat, keju, atau kacang. Cicipi pisang molen yang lezat ini dan rasakan kenikmatannya.

5. Kue Cubit

Bagi Anda yang suka dengan kue lembut dan manis, kue cubit adalah pilihan yang tepat. Kue cubit merupakan kue kecil berbentuk bulat dengan tekstur yang lembut dan kenyal.

Biasanya kue ini ditaburi dengan gula halus atau meses untuk memberikan sentuhan manis yang sempurna. Kue cubit bisa ditemukan dengan mudah di toko oleh oleh di Bekasi dan menjadi camilan yang disukai oleh semua kalangan.

6. Dodol Betawi

Jika Anda menginginkan oleh-oleh yang manis dan lengket, cobalah dodol Betawi. Dodol ini terbuat dari campuran ketan, gula kelapa, dan santan yang dimasak hingga kental.

Artikel Menarik:  Tari Kandagan, Tarian Kreasi Asal Sunda Jawa Barat

Rasanya yang manis, teksturnya yang kenyal, dan aroma khas kelapa akan membuat Anda tergoda untuk terus menyantapnya. Dodol Betawi merupakan hidangan yang sempurna untuk dinikmati bersama keluarga dan teman.

7. Cireng

Bagi pecinta makanan ringan yang gurih dan mengenyangkan, cireng isi adalah pilihan yang tepat. Cireng adalah singkatan dari aci digoreng, yaitu bola-bola tepung tapioka yang digoreng hingga renyah.

Di Bekasi, cireng isi populer dengan isian seperti oncom, daging, atau keju. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuat cireng isi menjadi camilan yang disukai banyak orang.

8. Kue Sagon

Kue sagon salah satu makanan khas nusantara yang terbuat dari parutan kelapa, gula, serta tepung sagu ini sudah ada sejak lama dan terkenal dengan rasanya.

Rasanya yang gurih dan langsung meleleh saat masuk ke dalam mulut, sehingga banyak disukai orang.

Untuk mendapatkannya pun tidak sulit karena banyak toko kue kering serta toko oleh-oleh khas Bekasi kekinian yang menjual camilan satu ini.

9. Kue Kembang Goyang

Kue ini disebut dengan kembang goyang karena bentuknya mirip seperti bunga. Cara membuatnya pun unik, sebab menggunakan cetakan.

Namun cetakan tersebut harus digoyang-goyang hingga adonan terlepas saat digoreng. Teksturnya renyah seperti keripik dengan rasa manis yang lembut.

Anda bisa menemukan jajanan ini di berbagai toko, pasar tradisional, dan lain sebagainya.

10. Kue Biji Ketapang

Biji ketapang salah satu kue legendaris warga Betawi di Bekasi. Kue ini disebut biji ketapang karena bentuknya mirip seperti biji buah ketapang yang bulat lonjong.

Kue ini terbuat dari adonan terigu, telur, santan, margarin, serta bahan lainnya dimasukan ke dalam penggorengan dalam bentuk potongan kecil menyerupai kacang.

Artikel Menarik:  Kerajaan Lombok: Sejarah dan Peninggalannya yang Menakjubkan

Meski butuh usaha lebih untuk menggigit kue ini, rasa renyah, manis dan gurihnya langsung terasa di mulut, bahkan ketagihan untuk mencicipinya.

Kesimpulan

Bekasi bukan hanya sekadar kota industri yang sibuk, tetapi juga memiliki kekayaan kuliner dan cinderamata yang tak boleh dilewatkan.

Dengan menggabungkan cita rasa yang lezat dan keunikan budaya lokal, oleh-oleh khas Bekasi mampu memberikan kenangan tak terlupakan bagi para pengunjung.

Jadi, jangan lupa untuk mencicipi kelezatan kuliner Bekasi dan membawa pulang cinderamata yang unik saat Anda mengunjungi kota ini. Selamat menikmati oleh-oleh khas Bekasi!