oleh oleh khas banyuwangi

10 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Lezatnya Tak Tertandingi

Posted on

 Tengahviral.comOleh-Oleh Khas Banyuwangi – Apakah Anda mencari oleh-oleh khas Banyuwangi yang lezat dan menggoda selera? Jika ya, Anda telah datang ke tempat yang tepat!

Banyuwangi, sebuah kota indah di ujung timur Pulau Jawa, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona, tetapi juga dengan kelezatan kuliner tradisionalnya.

Dalam artikel ini, kami akan membawa Anda mengenal beberapa oleh-oleh khas Banyuwangi yang patut dicoba dan dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Apa Saja Oleh-Oleh Khas Banyuwangi

Banyuwangi, sebuah kota di provinsi Jawa Timur, Indonesia, memiliki beragam makanan khas dan oleh-oleh yang terkenal.

Berikut beberapa jenis oleh-oleh khas Banyuwangi adalah:

1. Sego Tempong

Sego tempong adalah hidangan khas Banyuwangi, terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan lauk tempong.

Lauk tempong biasanya terdiri dari ayam goreng, tahu tempe goreng, dan sambal terasi yang pedas. Rasanya pedas dan gurih, cocok bagi pecinta makanan pedas.

Jika Anda ingin mencicipi kelezatan sego tempong, Anda dapat membawa pulang beberapa bungkus sambal tempong atau bumbu tempong untuk dinikmati di rumah.

2. Tape Singkong

Tape singkong merupakan oleh-oleh khas Banyuwangi yang terbuat dari singkong yang difermentasi.

Rasa yang dimiliki tape singkong sangat manis dengan aroma khas. Biasanya disajikan dalam bentuk yang lembut dan lengket.

Tape singkong dapat dinikmati langsung atau digunakan sebagai bahan dalam membuat kue tradisional.

Artikel Menarik:  Kenali, 3 Jenis Tari Padang Beserta Fungsi dan Propertinya

Belilah beberapa potong tape singkong untuk membawa pulang ke rumah dan menikmatinya sebagai camilan lezat.

3. Madu Banyuwangi

Banyuwangi juga terkenal dengan produksi madu yang berkualitas tinggi. Madu Banyuwangi terbuat dari nektar bunga-bunga liar yang tumbuh di hutan-hutan sekitar Banyuwangi.

Madu ini memiliki rasa yang manis dan aroma yang harum. Selain itu, madu ini juga diketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi masalah pencernaan.

Belilah beberapa botol madu Banyuwangi untuk dinikmati sendiri atau sebagai hadiah untuk orang terkasih.

4. Pia Legong

Jika Anda mencari oleh-oleh khas Banyuwangi yang unik, coba pia legong. Pia Legong adalah kue kering yang terkenal di Banyuwangi.

Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, gula, dan rempah-rempah. Pia Legong memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang manis dengan aroma rempah yang khas.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk membawa pulang beberapa kotak Pia Legong saat berkunjung ke Banyuwangi.

5. Kue Jadah

Kue jadah adalah oleh oleh khas Banyuwangi yang terbuat dari ketan hitam yang dimasak dengan santan dan gula merah.

Ketan hitam yang telah dimasak kemudian dibungkus dengan daun pisang, menciptakan tekstur yang kenyal dan aroma yang harum.

Kue ini memiliki rasa manis yang khas karena penggunaan gula merah sebagai bahan utama.

Rasakan kelezatan kue jadah yang akan memanjakan lidah Anda dan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

6. Orem-Orem

Orem-orem adalah camilan khas Banyuwangi yang terbuat dari adonan tepung terigu dan air dengan isian ikan atau ayam yang sudah dimasak.

Adonan tersebut kemudian digoreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Orem-orem memiliki tekstur yang renyah di luar namun lembut di dalam.

Artikel Menarik:  Kerajaan Islam di Sulawesi: Sejarah dan Kebudayaan

Camilan ini biasanya disajikan dengan sambal khas Banyuwangi untuk menambah cita rasa pedas dan gurih. Nikmati kelezatan orem-orem sebagai camilan di waktu luang Anda saat berada di Banyuwangi.

7. Keripik Jamur

Bagi pecinta makanan ringan, keripik jamur Banyuwangi adalah pilihan yang tepat. Keripik ini terbuat dari jamur tiram yang diiris tipis dan digoreng hingga renyah.

Rasanya gurih dan renyah membuat sulit untuk berhenti melahapnya. Keripik Jamur Banyuwangi dapat Anda nikmati kapan saja dan di mana saja sebagai teman ngemil yang lezat.

8. Kopi Lego

Bagi pecinta kopi, oleh oleh khas Banyuwangi yang harus Anda coba adalah kopi lego. Kopi lego merupakan jenis kopi yang tumbuh di wilayah Banyuwangi dan memiliki cita rasa yang khas.

Biji kopi ini dipetik secara selektif, kemudian disangrai dengan sempurna sehingga menghasilkan kopi dengan aroma harum dan kekayaan rasa yang memanjakan lidah.

Rasakan sensasi kehangatan kopi lego yang akan membangunkan seluruh indera Anda.

9. Tahu Kupat

Makanan khas Banyuwangi ni terbuat dari tahu yang digoreng dan disajikan dengan ketupat serta kuah kacang. Tahu yang digunakan memiliki tekstur yang renyah di luar namun lembut di dalam.

Ketupat yang empuk kemudian dipotong menjadi beberapa bagian dan disajikan bersama dengan tahu dan kuah kacang yang gurih.

Rasakan kelezatan tahu kupat yang kaya akan rasa dan nikmati perpaduan tekstur yang beragam dalam satu hidangan.

10. Kue Bantal

Kue Bantal adalah oleh oleh khas Banyuwangi seperti kue kering yang memiliki bentuk mirip bantal. Dimana terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, telur, dan gula.

Kue Bantal memiliki tekstur yang renyah diluar dan lembut di dalam. Rasakan kelezatan kue kering ini yang cocok sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Sumatera Selatan yang kaya akan rempah dan unik

Kesimpulan

Banyuwangi bukan hanya dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga oleh-oleh khasnya yang menggoda selera. 

Saat berkunjung ke Banyuwangi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi dan membawa pulang oleh-oleh khasnya.

Dengan membawa pulang oleh-oleh khas Banyuwangi, Anda dapat mengenang kenangan indah di kota ini dan berbagi kelezatan tradisional dengan orang-orang terdekat.