Alat Musik Melodis Tradisional
gurupendidikan.co.id

8 Contoh Alat Musik Melodis Tradisional dari Indonesia

751 View

Alat musik melodis tradisional adalah alat musik yang digunakan sebagai pengiring suatu lantunan lagu. Karena alat musik ini bisa diartikan sebagai alat musik yang menghasilkan nada dan irama. 

Alat musik ini memiliki bentuk seperti tombol atau bagian yang memiliki fungsi. Seseorang harus memiliki keterampilan yang khusus dan harus banyak latihan agar bisa mempelajari alat musik ini.

Di samping itu, ada juga alat musik ritmis yang sering digunakan untuk melengkapi harmonis sebuah musik. Alat musik ritmis biasanya tidak mempunyai banyak nada.

Alat musik ini bisa menghasilkan notasi. Notasi yang dihasilkan seperti do – re – mi – fa – sol – la – si – do dan lain sebagainya. Ketika alat musik dimainkan, maka akan menghasilkan nada-nada yang merdu. 

Di Indonesia, alat musik melodis tradisional bisa ditemukan di berbagai macam jenis alat musik. Contohnya alat musik petik, gesek dan tiup. Alat musik ini biasanya digunakan oleh beberapa orang, karena mendengarkan alat musik ini bisa menghilangkan stres. 

Pada saat dimainkan, alat musik ini bisa menjadi melodi utama dalam komposisi musik, sehingga menghasilkan sebuah nada dengan nilai ketikan dan jarak tertentu. Misalnya alat musik gesek Rebab sebagai melodi utama pada gamelan jawa. 

Saat ini sudah banyak sekali jenis alat musik melodis tradisional yang bisa kita temukan, mulai dari yang tradisional maupun yang modern. Tapi, berbagai jenis alat musik tersebut bisa digolongkan melalui cara memainkannya. 

Adapun beberapa cara untuk memainkan alat musik melodis adalah sebagai berikut:

  • Dipetik, misalnya kecapi, mandaolin, gitar dan sasando
  • Ditiup, misalnya seruling dan pianika
  • Ditekan, misalnya akordion dan piano
  • Digoyang, misalnya angklung
  • Digesek, misalnya biola
  • Dihisap, misalnya harmonika

Contoh Alat Musik Melodis Tradisional

Berikut ini beberapa contoh alat musik melodis tradisional lengkap penjelasannya. 

1. Alat Musik Angklung dari Jawa Barat

Alat musik Angklung
kaskus.id

Angklung adalah alat musik melodis yang berasal dari daerah Jawa Barat.  Alat musik ini cukup populer di Indonesia maupun mancanegara. Alat musik ini sering dimainkan pada acara-acara besar atau pementasan di tingkat nasional maupun internasional. 

Walaupun angklung merupakan alat musik tradisional, tapi alat musik ini bisa digunakan bersamaan dengan alat musik modern. Contohnya drum, keyboard dan gitar elektrik. 

Adapun beberapa jenis angklung Indonesia yang terkenal di dunia adalah sebagai berikut:

  • Angklung Padaeng
  • Angklung Sarinande
  • Angklung Badeng
  • Angklung Buncis
  • Angklung Dogdog Lojor
  • Angklung Badud
  • Angklung Bungko
  • Angklung Toel
  • Angklung Sri Murni
  • Angklung Kanekes
  • Angklung Reog
  • Angklung Banyuwangi
  • Angklung Bali
  • Angklung Gubrag

2. Alat Musik Calung dari Jawa Barat

Alat musik Calung
indonesiakaya.com

Calung adalah salah satu alat musik melodis tradisional Jawa Barat yang sudah lama berkembang di masyarakat. Alat musik ini menghasilkan suara berupa tangga nada pentatonik dan juga menghasilkan suara dari vibrasi alat musik itu sendiri.

Calung yang sudah lama dikenal masyarakat ada berbagai jenis. Contohnya, calung rantay, calung Banyumas dan juga calung jinjing. Biasanya alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. 

Alat musik ini memiliki tangga nada yang lengkap dan bisa dimainkan bersamaan dengan alat musik lainnya, seperti gendang dan suling.

3. Alat Musik Bonang

Alat musik Bonang
pikiran-rakyat.com

Alat musik bonang memiliki bentuk seperti mangkuk, tapi pada bagian tengahnya terdapat tonjolan berbentuk bulat. Sekilas alat musik ini mirip seperti gong yang ditidurkan.

Alat musik bonang sering dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini sering digunakan sebagai alat musik penuntun dan pembawa melodi pokok, atau bisa juga untuk mengatasi pola nada yang akan datang.

Artikel Menarik:  Ingin Memiliki Avanza Modif, Ini Hal Yang Perlu Dilakukan

4. Alat Musik Kecapi

Alat musik Kecapi
wikimedia.org

Alat musik kecapi adalah alat musik melodis tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik pada bagian senarnya. Jika ingin memainkan alat musik ini, maka dibutuhkan teknik khusus sehingga menghasilkan suara yang indah.

Kecapi sering dimainkan dengan menggunakan jari-jari dan senarnya sedikit lebih tajam di kulit. Biasanya, teknik yang digunakan dalam memetik alat musik ini sangat berpengaruh dengan suara atau nada yang akan dihasilkan.

Apabila seorang pemain pandai memainkan kecapi, maka akan semakin baik pula melodi yang akan dihasilkan dari petikannya. 

5. Alat Musik Kolintang

Sejarah Kolintang
bukalapak.com

Kolintang adalah alat musik melodis tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini menghasilkan suara yang begitu apik dan cocok digunakan untuk mengiringi lagu-lagu daerah.

Di sejumlah daerah, kolintang memiliki nama lain yaitu kulintang. Tapi cara memainkannya pun masih sama. 

Dalam perkembangannya, alat musik ini sudah melewati berbagai budaya dan begitu banyak pengaruhnya dari agama-agama yang ada di Indonesia. Mulai dari sejak berabad-abad tahun di daerah Asia Tenggara sampai berkembang pesat hingga saat ini.

Alat musik kolintang terbuat dari bilah-bilah kayu yang dibentuk persegi panjang dan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Kolintang dipukul dengan menggunakan kayu yang ujungnya dilapisi oleh kain atau karet. 

Biasanya alat musik ini dimainkan pada pergelaran musik daerah, karena memiliki suara yang unik sehingga alat ini sering digunakan di berbagai daerah di Indonesia. Misalnya dalam berbagai hiburan maupun upacara adat tertentu. 

6. Alat Musik Sasando

Alat musik Sasando
detik.net.id

Sasando adalah alat musik melodis tradisional asal NTT yang dimainkan dengan cara dipetik pada senarnya.  Alat musik ini memiliki 10 senar dan terus mengikuti perkembangan zaman hingga mencapai 48 buah. 

Artikel Menarik:  Mengulas Seni Pertunjukan Tari Reog Ponorogo Asal Jawa Timur

Awalnya senar pada alat musik ini terbuat dari lidi daun lontar. Saat ini kita bisa melihatnya menggunakan senar yang biasa dipakai Biola.

Sasando adalah alat musik petik, yang tiap petikannya menghasilkan suara yang bervariasi. Senar yang berjumlah 48 buah ini direntangkan dari ujung tabung sampai ke ujung lainnya. 

7. Alat Musik Seruling atau Suling

Alat musik Seruling atau Suling
slatic.net

Penggunaan alat musik suling beraneka ragam. Ada yang digunakan sebagai sarana hiburan, sarana untuk mencari uang (membuat grup musik dan tampil di acara-acara tertentu), dan ada juga digunakan di dunia pendidikan. 

Seruling adalah alat musik yang terbuat dari bambu. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup. Suling sering digunakan sebagai pengiring instrumen lainnya. 

Agar bisa mempelajari teknik bermain suling, maka seorang pemain harus bisa membaca not nada yang dipakai pada lagu tertentu. Biasanya, not suling bertuliskan angka dan titik. 

8. Alat Musik Talempong

Alat musik Talempong
museumnusantara.com

Talempong adalah salah satu alat musik melodis tradisional Minangkabau yang penggunaannya mirip dengan bonang. Alat musik ini memiliki bentuk yang kecil dan nantinya akan dijejerkan dengan yang lainnya di sebuah wadah. 

Alat musik talempong ini senantiasa hadir dalam berbagai acara penting. Misalnya tari piring, tari pasambahan, bahkan dipakai sebagai alat musik untuk menyambut tamu istimewa. 

Agar bisa memainkan alat musik, seorang pemain harus jeli di setiap pukulannya. Karena nanti yang dihadapi bukan cuma 1 buah saja, melainkan lebih dari 5 buah alat musik yang sudah disusun rapi berbaris dengan nada yang berbeda-beda. 

Demikianlah 8 alat musik melodis yang termasuk ke dalam alat musik tradisional. Untuk semua alat musik tersebut menghasilkan suara merdu dan indah.