Kerajaan Kota Kapur
freepik.com

Kerajaan Kota Kapur: Kota yang Terlupakan di Indonesia

Posted on

Sejarah Tersembunyi di Balik Kerajaan Kota Kapur

Kerajaan Kota Kapur, yang terletak di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, adalah sebuah kota yang terlupakan di Indonesia. Namun, siapa sangka bahwa di balik kota yang terlupakan ini terdapat sejarah yang begitu kaya dan menarik untuk dipelajari.

Pada masa kejayaannya, Kerajaan Kota Kapur merupakan pusat perdagangan di wilayah Bangka Belitung. Kota ini didirikan oleh Tengku Said Arifin pada tahun 1713, dan menjadi tempat berkumpulnya para pedagang dari berbagai negara seperti Cina, Belanda, dan Arab. Para pedagang tersebut berdagang dengan memperjualbelikan kapur, garam, ikan, dan hasil laut lainnya.

Dalam perkembangannya, Kerajaan Kota Kapur juga menjadi pusat kebudayaan Melayu. Terdapat banyak peninggalan-peninggalan sejarah seperti Masjid Jamik dan Istana Tua yang masih dapat ditemukan di kota ini. Masjid Jamik, yang didirikan pada tahun 1736, merupakan salah satu masjid tertua di Bangka Belitung. Sedangkan Istana Tua, yang dibangun pada abad ke-18, dulunya menjadi tempat tinggal para raja di Kerajaan Kota Kapur.

Kerajaan Kota Kapur dalam Kehidupan Masyarakat

Meskipun saat ini Kerajaan Kota Kapur sudah tidak lagi menjadi pusat perdagangan, namun kota ini masih memiliki daya tarik yang kuat bagi para wisatawan. Banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi Kerajaan Kota Kapur karena keindahan alamnya dan keunikan sejarahnya.

Salah satu tempat wisata yang terkenal di Kerajaan Kota Kapur adalah Pantai Parai Tenggiri. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Selain itu, Pantai Parai Tenggiri juga memiliki panorama alam yang menakjubkan, sehingga sering dijadikan sebagai tempat untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Artikel Menarik:  Oleh-oleh Khas Jakarta: Nikmati Kuliner dan Keunikan Souvenirnya

Selain Pantai Parai Tenggiri, terdapat juga Pantai Teluk Limau yang tidak kalah indahnya. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang biru kehijauan. Di pantai ini, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur, atau hanya sekedar bersantai menikmati panorama alam.

Keunikan Kerajaan Kota Kapur

Salah satu keunikan Kerajaan Kota Kapur adalah bangunan-bangunan tua yang masih dapat ditemukan di kota ini. Bangunan-bangunan tersebut merupakan peninggalan sejarah yang menceritakan tentang masa kejayaan Kerajaan Kota Kapur. Beberapa bangunan yang masih dapat ditemukan di kota ini antara lain Istana Tua, Masjid Jamik, dan Gedung Perwak.

Selain bangunan-bangunan tua, Kerajaan Kota Kapur juga dikenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Di kota ini terdapat banyak tambang kapur yang menjadi sumber penghasilan utama masyarakat setempat. Kapur yang dihasilkan dari tambang tersebut digunakan sebagai bahan pembuatan semen, kapur pertanian, dan bahan baku industri lainnya.

Di samping itu, Kerajaan Kota Kapur juga memiliki kuliner yang khas dan lezat. Salah satu makanan yang menjadi favorit wisatawan adalah Kerupuk Bangka. Kerupuk Bangka dibuat dari tepung sagu dan ikan yang dihaluskan, lalu diolah dengan cara digoreng hingga kering. Rasanya yang gurih dan renyah membuat Kerupuk Bangka menjadi makanan yang sangat disukai oleh masyarakat Bangka Belitung.

Mencari Jejak Sejarah di Kerajaan Kota Kapur

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Kerajaan Kota Kapur dan mencari jejak sejarah di kota ini, Anda dapat mengunjungi beberapa tempat berikut:

  • Istana Tua: Bangunan ini dulunya merupakan tempat tinggal para raja di Kerajaan Kota Kapur. Saat ini, Istana Tua menjadi salah satu objek wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan.
  • Masjid Jamik: Masjid tertua di Bangka Belitung ini merupakan tempat ibadah bagi masyarakat muslim di kota ini. Selain itu, Masjid Jamik juga memiliki nilai sejarah yang tinggi.
  • Museum Timah Indonesia: Museum ini menyimpan berbagai koleksi yang berkaitan dengan sejarah pertambangan di Bangka Belitung, termasuk tambang kapur yang menjadi sumber penghasilan utama masyarakat setempat.
Artikel Menarik:  Mengulas Tari leleng dari Suku Dayak Kenyah Kalimantan Timur¬†

Kesimpulan

Kerajaan Kota Kapur merupakan kota yang terlupakan di Indonesia, namun kaya akan sejarah dan keunikan. Di kota ini terdapat banyak peninggalan sejarah seperti Istana Tua dan Masjid Jamik, serta kekayaan alam berupa pantai-pantai indah dan tambang kapur yang melimpah. Jangan lupa mencicipi kuliner khas Kerupuk Bangka yang sangat lezat. Bagi Anda yang tertarik untuk mencari jejak sejarah di Kerajaan Kota Kapur, Anda dapat mengunjungi beberapa tempat seperti Istana Tua, Masjid Jamik, dan Museum Timah Indonesia. Selamat menjelajahi Kerajaan Kota Kapur!