Kerajaan Kutai
freepik.com

Menelusuri Sejarah Kerajaan Kutai yang Legendaris

Posted on

Kerajaan Kutai adalah salah satu kerajaan tertua di Indonesia yang telah berdiri sejak abad ke-4 Masehi. Kerajaan ini berlokasi di wilayah Kalimantan Timur dan diperintah oleh sejumlah raja yang terkenal dalam sejarah.

Sejarah Kerajaan Kutai

Menurut catatan sejarah, Kerajaan Kutai didirikan oleh Kudungga, seorang raja yang berasal dari Kerajaan Tarumanegara pada sekitar tahun 350 Masehi. Kudungga kemudian mengganti namanya menjadi Aswawarman dan memerintah Kerajaan Kutai selama sekitar 60 tahun.

Pada masa pemerintahan raja terkenal seperti Mulawarman dan Kudungga II, Kerajaan Kutai berkembang menjadi pusat perdagangan dan kebudayaan yang penting di kawasan Indonesia Timur. Kedua raja tersebut juga memperluas wilayah kekuasaan Kerajaan Kutai hingga ke wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah.

Setelah masa pemerintahan Kudungga II, Kerajaan Kutai mengalami kemerosotan dan dikuasai oleh sejumlah kerajaan lain di kawasan Kalimantan Timur. Namun, pada abad ke-19, Kerajaan Kutai kembali bangkit di bawah kepemimpinan raja-raja seperti Sultan Aji Muhammad Parikesit dan Sultan Sulaiman.

Peninggalan Sejarah Kerajaan Kutai

Meskipun Kerajaan Kutai telah lama lenyap, peninggalan sejarahnya masih bisa ditemukan di berbagai tempat di Kalimantan Timur. Beberapa peninggalan sejarah Kerajaan Kutai yang masih ada antara lain:

  • Candi Muara Kaman: Candi ini merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Kutai yang ditemukan pada tahun 1934. Candi Muara Kaman terletak di desa Muara Kaman, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
  • Batu Tulis Kalam: Batu Tulis Kalam adalah prasasti yang ditemukan di desa Tepian Batu, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara. Prasasti ini berisi tentang penetapan raja-raja Kutai dan menunjukkan kejayaan Kerajaan Kutai pada abad ke-5 Masehi.
  • Museum Mulawarman: Museum ini terletak di Jalan Jendral A. Yani, Kota Samarinda. Museum Mulawarman memiliki koleksi benda-benda peninggalan sejarah dari Kerajaan Kutai, seperti arca dan peralatan rumah tangga.
Artikel Menarik:  Kerajaan Islam di Sulawesi: Sejarah dan Kebudayaan

Pariwisata di Wilayah Kerajaan Kutai

Wilayah Kerajaan Kutai juga memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata yang populer di wilayah Kerajaan Kutai antara lain:

  • Kampung Budaya Tenggarong: Kampung Budaya Tenggarong merupakan kompleks wisata budaya yang terletak di kota Tenggarong. Di sini, wisatawan dapat melihat berbagai macam seni dan budaya tradisional Kalimantan Timur, seperti tari, musik, dan kerajinan tangan.
  • Pulau Kumala: Pulau Kumala adalah pulau yang terletak di perairan Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur. Pulau ini merupakan tempat yang ideal untuk berlibur dan menikmati keindahan alam, seperti pantai yang indah dan terumbu karang yang menakjubkan.
  • Desa Wisata Budaya Kenyah: Desa Wisata Budaya Kenyah adalah tempat wisata yang terletak di pedalaman Kalimantan Timur. Di sini, wisatawan dapat melihat kehidupan masyarakat suku Kenyah yang masih mempertahankan adat dan budaya mereka yang khas.

Kuliner Khas Kerajaan Kutai

Selain wisata budaya dan alam, wilayah Kerajaan Kutai juga terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat. Beberapa kuliner khas Kerajaan Kutai yang patut dicoba antara lain:

  • Sate Lilit: Sate Lilit adalah makanan khas Kalimantan Timur yang terbuat dari daging cincang yang dicampur dengan rempah-rempah dan kemudian dibakar di atas arang.
  • Amplang: Amplang adalah makanan ringan yang terbuat dari ikan tenggiri yang digoreng dengan tepung dan rempah-rempah.
  • Sambal Lepet: Sambal Lepet adalah sambal khas Kalimantan Timur yang terbuat dari cabai hijau, terasi, gula merah, dan garam. Sambal ini disajikan dengan nasi atau makanan lainnya.

Kesimpulan

Kerajaan Kutai merupakan salah satu kerajaan tertua dan terkenal di Indonesia. Meskipun telah lama lenyap, peninggalan sejarah dan kebudayaan Kerajaan Kutai masih bisa ditemukan di berbagai tempat di Kalimantan Timur. Wilayah Kerajaan Kutai juga menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik dan kuliner khas yang lezat. Jadi, jika Anda ingin mengeksplorasi sejarah dan budaya Indonesia, jangan lupa untuk mengunjungi wilayah Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur!

Artikel Menarik:  Mengenal Tabel Trigonometri dalam Pelajaran Matematika