makanan terpedas di dunia

Tantang Lidah Anda dengan Cicipi 8 Makanan Terpedas di Dunia

Posted on

Tengahviral.comMakanan Terpedas di Dunia – Bagi sebagian orang, makanan pedas hanya sebatas cabai merah dan saus pedas biasa.

Namun, untuk mereka yang mencari sesuatu yang lebih ekstrim, ada tantangan untuk mencicipi makanan terpedas di dunia yang dapat membuat mulut terbakar dan mengeluarkan keringat di wajah hanya dengan sejumput kecil.

Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi beberapa makanan terpedas di dunia dan mengungkap apa yang membuat mereka begitu menarik.

Ragam Jenis Makanan Terpedas di Dunia

Makanan pedas telah menjadi bagian penting dari banyak budaya di dunia, dan beberapa orang benar-benar mencintai sensasi pedas yang menggigit lidah mereka. 

Berikut ini, ada beberapa makanan terpedas di dunia yang siap untuk menguji batas ketahanan rasa Anda.

1. Sichuan Pedas

Sichuan pedas adalah istilah yang mengacu pada hidangan yang berasal dari Provinsi Sichuan di Tiongkok, dimana terkenal dengan rasa pedas dan kaya rempah-rempah.

Pedasnya makanan tersebut berasal dari penggunaan cabai Sichuan atau Hua Jiao (peppercorn), yang memiliki rasa pedas, tajam, dan aromatik.

Cabai Sichuan ditumbuk bersama dengan rempah lain seperti lada hitam, adas manis, jintan, dan kulit jeruk kering untuk membuat campuran bumbu khas Sichuan yang disebut “mala”.

Sehingga makanan ini memiliki gabungkan rasa pedas dengan rasa gurih, manis, asam, dan umami untuk menciptakan pengalaman makan yang menarik.

2. Buldak Korea

Buldak Korea, dikenal sebagai “Fire Chicken” atau “Ayam Pedas Korea,” merupakan makanan populer di Korea yang terkenal karena tingkat kepedasannya yang tinggi.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Palangkaraya yang lezat dan Patut Dicoba

Rasanya yang pedas dan gurih membuat makanan ini menjadi favorit di kalangan pecinta makanan pedas.

Pastikan untuk menyesuaikan tingkat kepedasan dengan preferensi Anda. Selamat menikmati Buldak Korea!

3. Tteokbokki Pedas

Tteokbokki pedas adalah hidangan Korea yang terkenal dengan cita rasa pedas dan menggoda. 

Hidangan ini terbuat dari tteok atau berupa gumpalan beras ketan yang memiliki tekstur kenyal, kemudian dimasak dalam saus pedas khas.

Tteokbokki pedas dapat disajikan sebagai hidangan utama atau makanan ringan.

Namun, untuk lebih menggugah selera, Anda juga dapat menambahkan bahan tambahan seperti ikan atau seafood, wortel, atau telur untuk variasi rasa dan tekstur.

4. Carolina Reaper Burger

Carolina Reaper Burger adalah jenis burger yang menggunakan cabai Carolina Reaper sebagai salah satu bahan untuk memberikan rasa pedas yang kuat.

Biasanya, burger ini terdiri dari patty daging, keju, sayuran seperti selada dan tomat, serta saus dan bumbu lainnya.

Carolina Reaper digunakan dalam bentuk yang telah diolah, seperti saus atau bubuk, dan ditambahkan ke dalam burger untuk memberikan rasa pedas yang ekstrem.

5. Tom Yum

Tom Yum adalah hidangan sup pedas dan asam yang berasal dari Thailand. Hidangan ini terkenal karena kombinasi rasa pedas, asam, gurih, dan segar yang khas.

Tom Yum dibuat dengan menggunakan bumbu-bumbu seperti sereh (serai), daun jeruk purut, daun bai makrut (daun jeruk), cabai, jahe, dan bawang putih.

Bumbu-bumbu tersebut memberikan aroma yang kuat dan karakteristik khas pada hidangan ini.

Selain itu,  juga menggunakan bahan seperti air kaldu, jus lemon atau jeruk nipis, saus ikan, dan seringkali tambahan bumbu seperti gula, pasta tomat, atau pasta cabai.

Artikel Menarik:  Oleh-oleh Khas Blitar: Nikmati Kuliner & Keindahan Kerajinan Lokal

Makanan khas Thailand ini memiliki rasa pedas yang kuat dari cabai, ditambah dengan rasa asam dari jus lemon atau jeruk nipis. Jadi sangat cocok disajikan saat sedang panas dan segar sebagai sup.

6. Tortilla Pedas

Tortilla yaitu sejenis roti datar tradisional Meksiko yang terbuat dari tepung jagung atau tepung gandum, kemudian diisi dengan bahan-bahan pedas.

Bahan yang digunakan seperti daging sapi atau ayam yang dipotong kecil-kecil, paprika, bawang bombay, cabai, bumbu-bumbu seperti paprika bubuk, cabai bubuk, lada, dan bumbu pedas lainnya.

Namun bisa juga ditambahkan keju, saus salsa, krim asam, atau bahan tambahan lainnya untuk memberikan variasi rasa.

Biasanya makanan ini disajikan sebagai makanan ringan atau makanan pembuka dalam acara-acara sosial.

7. Vindaloo

Vindaloo sendiri adalah hidangan kari yang berasal dari wilayah Goa, India, dan telah memperoleh popularitas di seluruh dunia.

Hidangan ini biasanya terbuat dari daging seperti ayam, babi, domba, atau sapi yang dimasak dengan bumbu yang kuat dan pedas.

Bumbu yang digunakan seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe, serta rempah-rempah seperti jintan, kunyit, dan coriander.

Semua bahan tersebut dihaluskan menjadi pasta bumbu yang kemudian ditumis dengan minyak untuk mengeluarkan aroma dan menghasilkan cita rasa yang kaya.

Biasanya Vindaloo disajikan dengan nasi putih atau roti naan. Hidangan ini terkenal dengan rasa pedas yang kuat dan bisa sangat memuaskan bagi pecinta makanan pedas.

8. Chilate de Pollo

Chilate de Pollo adalah sup ayam asal El Salvador yang menggabungkan rasa pedas dengan kelezatan kaldu ayam kaya akan rempah.

Makanan ini terdiri dari potongan daging ayam yang dimasak dalam kaldu ayam bersama dengan berbagai bumbu rempah seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan daun pepaya yang dikeringkan.

Artikel Menarik:  Kastanyet, Alat Musik Ritmis yang Berkembang di Spanyol

Bumbu pedas dalam Chilate de Pollo dapat bervariasi tergantung pada preferensi individu dan daerah.

Biasanya, makanan ini disajikan dengan nasi putih dengan tambahan irisan kentang, wortel, atau sayuran lainnya sesuai selera.

Kesimpulan

Makanan terpedas di dunia mungkin menarik bagi beberapa orang yang menyukai tantangan dan sensasi pedas yang ekstrem.

Namun, penting untuk diingat bahwa mengkonsumsi makanan terlalu pedas dapat berdampak negatif pada kesehatan , terutama jika Anda memiliki masalah pencernaan terhadap makanan pedas.