oleh oleh khas blitar

Oleh-oleh Khas Blitar: Nikmati Kuliner & Keindahan Kerajinan Lokal

Posted on

Tengahviral.comOleh-Oleh Khas Blitar – Kota Blitar, terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia, memiliki daya tarik budaya dan kuliner yang khas.

Terkenal dengan sejarahnya yang kaya, kota ini juga menawarkan berbagai macam oleh-oleh yang menggugah selera.

Jika Anda mengunjungi Blitar, jangan lewatkan kesempatan untuk membawa pulang beberapa oleh-oleh yang akan mengingatkan Anda akan pengalaman luar biasa di kota ini.

Apa Saja Oleh-Oleh Khas Blitar?

Blitar, sebuah kota di Jawa Timur, Indonesia, memiliki beberapa oleh-oleh khas yang bisa Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan. Berikut adalah beberapa oleh-oleh khas Blitar yang populer:

1. Tempe Mendoan

Blitar juga terkenal dengan oleh-oleh khasnya yang satu ini, yaitu Tempe Mendoan. Tempe Mendoan adalah tempe yang digoreng dengan bumbu tepung yang gurih dan renyah.

Rasanya yang lezat dan teksturnya yang kenyal membuat Tempe Mendoan menjadi camilan yang sangat disukai oleh wisatawan maupun penduduk lokal.

Jika Anda menyukai makanan yang gurih dan renyah, jangan lupa mencicipi Tempe Mendoan saat berada di Blitar.

2. Bakpia

Bakpia adalah kue tradisional yang terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan berbagai macam isian, seperti kacang hijau, cokelat, keju, atau kelapa.

Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan manis yang meleleh di mulut. Saat berkunjung ke Blitar, jangan lupa untuk mencicipi dan membawa pulang beberapa bakpia sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman terdekat.

Artikel Menarik:  Kerajaan Mataram: Jejak Sejarah yang Tersisa di Tanah Jawa

Rasanya yang autentik dan unik akan memberikan sentuhan khas Blitar pada setiap gigitan.

3. Kopi Blitar

Bagi pecinta kopi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Kopi Blitar yang terkenal. Kopi Blitar memiliki cita rasa yang kaya dengan aroma yang harum.

Proses penggilingan dan pemanggangan biji kopi dilakukan dengan hati-hati untuk menghasilkan kualitas kopi terbaik.

Anda dapat membeli biji kopi segar untuk dibawa pulang atau menikmati secangkir kopi hangat di kedai-kedai kopi yang terkenal di Blitar.

4. Manisan Mangga

Blitar terkenal dengan mangga yang lezat dan manis. Oleh-oleh khas Blitar yang paling terkenal adalah manisan mangga.

Mangga dipotong tipis dan dikeringkan dengan proses pengasapan yang khusus, menghasilkan manisan mangga yang lezat dan kenyal. Manisan mangga ini merupakan camilan yang sempurna untuk dinikmati kapan saja.

Jika Anda menyukai rasa manis dan segar dari mangga, jangan lupa untuk membawa pulang beberapa paket manisan mangga ketika Anda mengunjungi Blitar.

5. Pia Legong

Pia Legong salah satu camilan tradisional khas Blitar yang terkenal dengan rasa manisnya. Makanan khas Blitar ini terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan campuran gula kelapa cair.

Kemudian adonan tersebut dipanggang hingga matang dan memiliki tekstur yang renyah di luar namun lembut di dalam.

Rasanya yang manis dan aroma gula kelapa yang khas membuat Pia Legong menjadi oleh-oleh yang sangat diincar oleh pengunjung.

Jika Anda mengunjungi Blitar, jangan lupa untuk mencicipi dan membawa pulang beberapa bungkus Pia Legong sebagai oleh-oleh yang lezat.

6. Legen

Blitar juga terkenal dengan minuman tradisional yang menyegarkan yang disebut Legen. Legen adalah minuman yang terbuat dari air kelapa yang difermentasi dengan tambahan gula kelapa atau aren.

Minuman ini memiliki rasa yang unik, manis, dan sedikit beralkohol. Biasanya disajikan dengan tambahan es dan diberi potongan buah-buahan segar.

Ketika Anda berkunjung ke Blitar, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi dan membawa pulang Legen sebagai oleh-oleh yang menyegarkan.

7. Kembang Goyang

Jika Anda mencari camilan tradisional yang manis, jangan lewatkan Kembang Goyang. Kembang Goyang terbuat dari adonan tepung beras yang digoreng hingga renyah dan kemudian diberi taburan gula halus.

Camilan ini memiliki rasa manis yang lezat dan tekstur yang renyah saat digigit. Kembang Goyang adalah oleh-oleh yang sempurna untuk dinikmati sendiri atau diberikan kepada orang terdekat sebagai bukti kasih sayang dari Blitar.

8. Pisang Bolen

Salah satu oleh-oleh khas Blitar yang tidak boleh dilewatkan adalah Pisang Bolen. Pisang Bolen terdiri dari irisan pisang yang manis yang dibungkus dalam adonan kulit kue yang renyah.

Kemudian, pisang yang dibungkus tersebut dipanggang hingga matang dan memiliki aroma yang menggoda.

Rasanya yang manis dan tekstur kulit kue yang renyah membuat Pisang Bolen menjadi camilan yang lezat dan cocok dinikmati kapan saja.

Jika Anda mengunjungi Blitar, jangan lupa untuk mencicipi dan membawa pulang beberapa Pisang Bolen sebagai oleh-oleh yang menggugah selera.

9. Tahu Campur

Tahu Campur salah satu hidangan tradisional yang terkenal di Blitar. Hidangan ini terdiri dari tahu goreng yang disajikan dengan campuran bumbu kacang, tauge, lentho, tauge, dan irisan mentimun.

Semua bahan tersebut kemudian ditaburi dengan bawang goreng dan disiram dengan kuah kaldu yang gurih.

Rasanya yang lezat dan penyajiannya yang unik menjadikan Tahu Campur sebagai hidangan yang menggugah selera.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Perancis yang Lezat dan Populer di Seluruh Dunia

Jika Anda mencari oleh-oleh kuliner yang autentik dari Blitar, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi dan membawa pulang Tahu Campur.

10. Kerajinan Perak

Blitar juga dikenal dengan kerajinan peraknya yang memukau. Pengrajin lokal menggunakan logam perak untuk menciptakan berbagai produk seperti perhiasan, aksesoris, atau pernak-pernik seperti asbak atau patung miniatur.

Keahlian pengrajin dalam mengolah perak menjadi karya seni yang halus dan indah adalah bukti dari keindahan kerajinan perak Blitar.

Jika Anda ingin membawa pulang oleh-oleh yang berharga dan elegan, pilihlah kerajinan perak dari Blitar sebagai kenang-kenangan yang tak terlupakan.

Kesimpulan

Ketika Anda mengunjungi Blitar, jangan lupa untuk memanjakan diri dengan mencicipi oleh-oleh khasnya yang lezat.

Dengan memilih oleh-oleh khas Blitar, Anda tidak hanya membawa pulang kenangan yang indah, tetapi juga mendukung ekonomi lokal dan melestarikan warisan budaya Indonesia yang kaya akan kearifan lokal. Selamat berburu oleh-oleh di Blitar!