Jika Anda terkonfirmasi positif covid-19 dan menurut anjuran dokter bisa menjalankan isolasi mandiri
pixabay.com

Jangan Panik! 12 Cara untuk Isolasi Mandiri saat Positif Virus Corona

476 View

Persentase kasus virus corona yang ada di negara kita Indonesia bukan berkurang, justru terus bertambah. Sehingga pemerintah sangat gencar melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat.

Saat ini, sudah banyak masyarakat yang positif Covid tanpa gejala. 

Seakan terlihat sehat, sebenarnya dalam tubuhnya sudah terserang covid-19. Bila satu orang telah terinfeksi, dapat menularkan ke orang lain, termasuk keluarga. Maka pilihannya adalah isolasi mandiri baik pada tempat yang sudah tersedia atau di rumah sendiri. 

Isolasi mandiri juga harus mematuhi ketentuan dan syaratnya. Tentu tak semua orang positif Covid-19 bisa melakukan isolasi mandiri. Karena dalam kondisi tertentu saat pasien mengalami gejala virus corona

Maka si pasien memerlukan penanganan pihak Rumah Sakit baik RS Darurat maupun RS Rujukan. Bila Anda suspek ataupun telah positif tertular Covid-19, maka bisa melakukan isolasi secara mandiri. 

Sedang bila Anda memiliki kontak dengan pasien Covid-19, tentu harus melakukan karantina mandiri. Sebenarnya sama saja. Namun, istilah dari isolasi mandiri bagi orang sakit. Sedangkan jika sehat, istilahnya yaitu karantina mandiri.

Untuk isolasi mandiri harus Anda lakukan dengan benar, guna dapat memutus rantai penularan virus corona. Bila salah saat mengaplikasikan, maka isolasi mandiri bisa saja mengakibatkan klaster keluarga.

Cara Isolasi Mandiri saat Tertular Virus Corona

Ada banyak tindakan bisa kita lakukan untuk dapat mencegah berkembangnya penyebaran virus corona kepada anggota keluarga. Bila keluarga tersebut ada dalam rumah pada saat menjadi tempat untuk isolasi mandiri bagi pasien Covid-19. 

Artikel Menarik:  Pengertian dan Manfaat Belajar Peta Buta Indonesia

Ketahui dan pahami bagaimana tata cara untuk melakukan isolasi secara mandiri. Sesuai saran dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) yang termuat dari laman resminya yaitu who.int:

1. Pertimbangkan Penilaian Petugas

Para dokter maupun tenaga medis lainnya bisa menilai faktor atau risiko penularan yang dialami setiap pasien virus corona
pixabay.com

Para dokter maupun tenaga medis lainnya bisa menilai faktor atau risiko penularan yang  dialami setiap pasien Covid-19. Apakah harus mendapatkan perawatan  rumah sakit atau isolasi mandiri saja. Baik dari riwayat kesehatan si pasien itu sendiri, atau  kemampuan keluarga dalam melakukan perawatan.

Anggota keluarga harus mampu membatasi ruang kebersamaan dengan pasien. Bukan hanya itu, keluarga juga perlu mempraktikkan bagaimana menjaga kebersihan. Selain itu, harus tahu tentang cara untuk mengenali maupun merespons timbulnya tanda kesehatan yang semakin memburuk.

Seorang petugas perlu melakukan penilaian apakah rumah pasien cocok ataupun tidak. Untuk menjadi tempat isolasi dan perawatan bagi pasien Covid-19.  Langkah-langkah untuk mengendalikan pencegahan infeksi dengan tepat. 

Petugas kesehatan pun juga  harus mendukung pasien beserta keluarga pasien. Baik melalui telemedicine, telepon, ataupun tim penjangkauan.

2. Pasien Tinggal Dengan Kondisi Kamar Terpisah

Jika Anda terkonfirmasi positif covid-19 dan menurut anjuran dokter bisa menjalankan isolasi mandiri, maka harus tinggal dengan kamar terpisah dari keluarga lain. Apabila hal ini tidak memungkinkan Anda dapat melakukannya, tentu setidaknya jaga jarak minimal 1 meter dengan pasien. 

Tentu baik pasien ataupun orang lain dalam tempat yang sama wajib menggunakan masker medis.

3. Menyediakan Ventilasi dalam Kamar Pasien serta Ruang Bersama

Jika Anda terkonfirmasi positif covid-19 dan menurut anjuran dokter bisa menjalankan isolasi mandiri
pixabay.com

Menerapkan isolasi mandiri dalam rumah bila positif Covid-19 yaitu menyediakan ventilasi dengan baik dalam kamar pasien. Bukan hanya menggunakan ventilasi dalam ruangan rumah. Namun, cobalah membuka jendela bila memungkinkan

4. Pasien Wajib Mengenakan Masker Medis

Agar bisa menjalankan isolasi mandiri dengan tepat bagi pasien positif Covid-19, yaitu wajib menggunakan masker medis. Sangat penting bagi Anda untuk terus menggunakan. khususnya pada saat tidak sendirian berada dalam sebuah ruangan dan saat berjarak 1 meter dari orang lain.

Artikel Menarik:  Gambar Sepeda dan Seluk-Beluk Sepeda yang Wajib Anda Tahu!

5. Pengunjung Tak Boleh Masuk ke Rumah

Panduan atau cara selanjutnya yaitu  anda mendapatkan persetujuan untuk melakukan isolasi mandiri dari rumah bila positif Covid-19. Namun, harus melarang tamu masuk ke rumah. Bila Anda memiliki tamu yang berkunjung, maka ada baiknya bertamu melalui luar ruangan atau rumah saja. Guna mencegah penularan Covid-19.

6. Membatasi Keluarga yang Menemani

Bila memungkinkan, batasilah jumlah pengasuh Anda hanya satu atau dua orang dalam rumah.
pixabay.com

Cara selanjutnya untuk melakukan isolasi secara mandiri dari rumah bila positif Covid-19, yaitu dengan membatasi jumlah anggota keluarga yang menemani ataupun merawat Anda. 

Bila memungkinkan, batasilah jumlah pengasuh Anda hanya satu atau dua orang dalam rumah. Pengasuh tersebut sebaiknya harus sehat tanpa adanya riwayat penyakit.

7. Keluarga  Harus Mengenakan Masker Medis Ketika Berada Satu Ruangan dengan Pasien

Melakukan isolasi secara mandiri dari rumah yaitu orang lain harus menggunakan masker medis bila satu ruangan bersama pasien. Tentu siapa saja saat berada satu tempat bersama dengan pasien Covid-19, harus terus menggunakan masker. 

Dan harus selalu mencuci tangan. Tentu kita harus melakukan mengantisipasi agar keluarga tidak ikut terjangkit virus corona dan pencegahannya pun harus kita lakukan.

8. Jangan Berbagi Perlengkapan

Untuk menjalankan isolasi mandiri saat Anda positif virus corona, maka pastikan agar masing-masing menggunakan perlengkapan pribadi.
pixabay.com

Untuk menjalankan isolasi mandiri saat Anda positif virus corona, maka pastikan agar masing-masing menggunakan  perlengkapan pribadi. Penderita covid-19 harus menggunakan gelas, piring, handuk peralatan makan, serta seprai khusus. 

Perlengkapan ini harus Anda cuci dengan memakai dan air, dan jangan biarkan orang lain menggunakannya.

9. Membersihkan Permukaan Barang Bila Tersentuh

Cara berikutnya bila Anda positif Covid-19 dan ingin isolasi mandiri, maka pastikan agar selalu membersihkan apa saja barang  yang Anda sentuh. Selain harus bersih, barang yang  sering anda gunakan atau sentuh  juga harus kita desinfeksi setiap harinya.

10. Setiap Anggota Keluarga Wajib Mencuci Tangan Secara Teratur

Jika anda melakukan isolasi secara mandiri dalam rumah saat terinfeksi positif Covid-19, tentu saja harus selalu sering mencuci tangan. Bahkan bukan hanya untuk pasien Covid-19 saja, namun anggota keluarga yang berada dalam rumah tempat pasien isolasi mandiri. 

Artikel Menarik:  9 Lagu Daerah Jawa Barat Terpopuler Lengkap + Lirik & Maknanya

Tentu juga wajib untuk mencuci tangan memakai air yang mengalir dan sabun. Cuci tangan setelah bersin atau batuk, bersihkan tangan sebelum serta sesudah menyiapkan makan kepada pasien Covid-19. 

Kita sebagai anggota keluarga satu rumah dengan pasien covid juga harus mencuci tangan sebelum dan sesudah makan,  sebelum serta sesudah memberikan perawatan kepada pasien.

11. Saat Bersin atau Batuk Harus Anda Tutup

virus corona
pixabay.com

Saat anda melakukan isolasi secara mandiri dari rumah, karena positif Covid-19. Tentu ada hal-hal yang boleh dan tidak boleh anda lakukan selama isolasi tersebut. Termasuk bila Anda bersin ataupun  batik, maka Anda wajib untuk menutup mulut. 

Dan bukan hanya itu saja, saat batuk, siapapun anggota keluarga yang berada dalam rumah tempat bagi pasien isolasi mandiri, maka juga harus menutup hidung dan mulut dengan siku tertekuk ataupun bisa menggunakan tisu satu kali pakai. Lalu segera buang tisu tersebut setelah menggunakannya.

12. Limbah Pasien Harus Dimasukkan dalam Kantong Yang Tertutup

Melakukan isolasi secara mandiri dari rumah harus rajin menjaga kebersihan. Termasuk membersihkan limbah pasien, masukkan ke kantong tertutup dengan rapat. Segala perlengkapan yang Anda gunakan sebagai pasien Covid.

Seperti handuk, masker, speri, ataupun barang lainnya harus anda kemas dalam kantong yang tertutup. Guna mencegah penyebarannya.

Saat Anda terinfeksi virus Corona, namun pihak petugas kesehatan menganjurkan untuk isolasi mandiri. Maka ada beberapa cara ataupun panduan yang harus Anda pahami, agar bisa menjalankan isolasi dengan benar.